Deskripsi Lengkap Hair Clipper, Sejarah dan Kegunaan Hair Clipper!


Taukah anda, apa itu Hair clipper? Berikut adalah deskripsi lengkap tentang Hair Clipper. Hair clipper adalah alat yang digunakan untuk memotong rambut dalam berbagai ukuran, khususnya untuk memotong rambut kepala dalam sekala yang sangat tipis dan mendekati kulit kepala. Selain itu juga, Hair Clipper adalah alat yang digunakan pada masa dulu untuk memotong bulu domba dan wol. Alat ini sangat mempermudah kita dalam mendapatkan ukuran rambut yang sama, simetris, dan rapi tentunya.

Property of INI YA channel
Hair Clipper memiliki sepasang bilah seperti sisir yang dipertajam dalam satu kotak dan satu bilah lagi berhadap-hadapan, sehingga satu sama lain bisa saling menggunting rambut anda. Gunting Hair cilpper ini saling bergerak dan mencepit rambut anda sehingga dapat memotong dengan simetris.

Gambar Bilah Pisau Cukur Hair Clipper

Sejarah Gunting

Sebelum kita menginjak pada sejarah Hair Clipper, mari sejenak mengingat sejarah Gunting terlebih dahulu. Gunting merupakan alat potong rambut paling tua di dunia, sebelum Hair Clipper. Meskipun orang jaman dahulu terkadang menggunakan pedang atau pisau untuk memotong rambut mereka. Gunting sudah digunakan di Mesopotamia 6000 tahun yang lalu.

Property of INI YA Channel
Bentuknya dua bilah besi yang dihubungkan pangkalnya dengan besi tipis yang berfungsi sebagai pegas atau penggerak. Pegas tersebut digunakan untuk dua jari kita sehingga dapat bergerak buka tutup saat memotong rambut.

Bentuk Gunting Jaman dahulu
Baru pada tahun 100 SM, orang Romawi menciptakan gunting yang menjadi cikal bakal gunting yang kita pergunakan saat ini. Gunting memiliki berbagai macam jenis sesuai fungsi. Mulai untuk memotong kertas, kain, hingga batang pohon. Gunting yang digunakan untuk rambut tidak boleh untuk kertas dan sebaliknya. Hal ini karena setiap jenis gunting dibuat secara khusus, baik tingkat kekerasannya maupun bentuknya.

Sejarah Hair Clipper

Dari negara manakah Hair clipper pertamakali ditemukan dan kapan alat ini diciptakan? Hair Clipper diciptakan antara 1850 dan 1890 oleh seorang barber (tukang cukur) asal Serbia, Nikola Bizumic. Awalnya, Clipper ini dioperasikan secara manual dengan tangan untuk mencukur rambut secara cepat pada tingkat rambut yang pendek sekali. Potongan rambut ini dianggap praktis pada masa itu dan cukup populer di kalangan pria, khususnya di dunia militer dan juga para tahanan penjara.

Cukuran Preman
Tahun 1921, Leo J. Wahl berhasil menciptakan clipper listrik pertama. Saat ini selain untuk mencukur, clipper juga digunakan untuk merapikan dan membuat efek rambut. Begitulah awal mula alat ini diciptakan. Kreatif juga ya orang jaman dahulu?

Hair Clipper Leo J Wahl
Di Yunani, siswa laki-laki dicukur rambutnya dengan gunting rambut manual dari awal abad ke-20 dan hukuman itu dihapuskan pada tahun 1982. Praktek yang sama digunakan di militer, di mana para calon tentara, kepalanya dicukur ketika mereka tiba di camp pelatihan.

Cukur Tentara Jaman Dahulu
Pada 1950-an dan 1960-an sebuah undang-undang diterapkan di Yunani untuk orang-orang yang ditangkap oleh kepolisian, mereka dicukur kepalanya sampai gundul seperti boneka teddyboys. Untuk para perempuan, simbol pelacur yang tertangkap oleh pihak keamanan, kepalanya digundulin sampai habis dengan hair clipper. Praktek ini diperluas ke hippies dan para pemuda sayap kiri Yunani selama rezim militer 1967-73. Lalu peraturan itu dihapuskan pada tahun 1982.


Jenis-jenis Hair Clipper

Mari kita lebih jauh mengenali Hair Clipper dan berbagai jenisnya. Dalam Sejarah Terciptanya Hair Clipper, ada beberapa jenis perkembangan Hair Clipper di Dunia, dan tentunya di Indoensia.


Secara garis besar, Hair Clipper dibagi menjadi dua, sesuai dengan fungsinya, yaitu: Hair Clipper untuk rambut manusia dan Hair clipper untuk pemotong bulu hewan. Alat-alat ini bisa anda temukan di toko-toko elektronik atau di barber shop terdekat. Atau anda bisa menemukan atau membeli alat seperti tadi di toko-toko online.

Harga Hair Clipper

Guys, anda bisa mencari range harga hair clipper mulai dari yang paling murah 250 ribu sampai yang paling mahal 500 ribu rupiah. Tergantung untuk apa Hair Clipper tersebut digunakan. Jika anda ingin menggunakan hair clipper sebagai alat untuk mencari uang, saya sarankan membeli Hair Clipper yang mahal sekalian saja, jika hanya untuk private cutting atau konsumsi pribadi, anda bisa membeli hair clipper yang kelas medium. Seperti biasa, ada harga ada kualitas. Agar tidak salah membeli, mari tetap fokus di penjelasan saya ini.

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==